Wednesday, May 04, 2005

Kedua

Hari ini gue membaca message yang bunyinya:
“gue pengen berarti buat orang-orang yang gue sayang”

Seandainya message itu diperuntukan buat gue,
Seandainya ada orang yang bilang gitu buat gue,
Seandainya gue adalah orang yang seberuntung itu,
Seandainya rasa itu tidak spesifik ditujukan pada satu orang,
tetap aja sungguh beruntung orang-orang tersebut…..

Berulang kali gue mencoba menelaah dan mencermati (seperti pejabat yah sok menelaah dan mencermati),
arti dari pesan tersebut –yang ditujukan buat orang lain atau orang-orang lain itu-
banyak tanya tiba-tiba berseliweran di pikiran gue (padahal setiap hari juga hidup gue dipenuhi dengan banyak pertanyaan)

bagaimana caranya supaya kita menjadi lebih berarti buat oran-orang yang disayang?ataukah hidup ini cukup diisi dengan perbuatan-perbuatan baik bagi orang-orang yang disayang saja?
Bagaimana dengan orang yang kita benci?
Tidak bisakah mereka juga sedikit menikmati arti perbuatan kita?Bagaimana dengan orang yang kita tidak kenal?Dengan orang yang baru saja kita kenal?
Dengan orang yang benci kita?

Mungkin pertanyaan itu muncul karena pesan itu bukan untuk gue,
Kemudian perasaan iri datang dan mulai mencari-cari pembelaan diri
(begitulah gue…)

Bagaimana yah caranya kita menjadi lebih berarti? Apa ukurannya?
Penilaian orang lain?
Mengapa kita tidak bisa menjadi penilai untuk diri kita sendiri?
Sebuah kalimat menjadi banyak pertanyaan yang sering ngebuat gue jadi bete karena kagak bisa ngejawabnya.
Gue pengen berarti tetapi buat diri gue sendiri dan tidak apa kata orang
karena menurut gue terlalu meletihkan untuk mengikuti kata orang
sehingga sering mematikan apa mau kita
meniadakan suara hati sendiri
dan menabukan keinginan batin….

1 comment:

duy said...

imho, yang paling asik itu, kalo kita bisa berarti buat orang2 yang kita sayang, dengan tetap menjadi diri kita sendiri dan tetap menyuarakan keinginan2 dan kekesalan2 kita, sesuatu yang emang terdengar naive dan mungkin absurd, tapi gue merasakan keasikan itu lately, and i do enjoy it..